A Pace

You turn over the hour glass
The sand is falling down, oh it's too fast for you
Kamu bilang kalau kamu tidak ingin terikat dalam sebuah hubungan. Aku sadar, saat itu kamu baru saja berpisah dengannya. Jadi, aku tetap berada disampingmu membiarkanmu menangis sampai tertidur. 
___
For you
Setelah tiga bulan berlalu, kamu kembali datang padaku. Kali ini, ceritamu tentang seseorang yang telah seminggu ini secara diam-diam meletakan sarapan di mejamu. Katamu, kamu sungguh penasaran. Padahal, sebelum kamu berpisah tiga bulan yang lalu mantanmu juga memulainya dari sana. Padahal, kamu bilang kamu tidak ingin terjebak pada pesona yang sama. 
___
Don't waste your love, just let it last
Aku selalu berusaha mendengarkan ceritamu. Bagaimana kamu mencoba bertahan pada pekerjaanmu yang membosankan. Menemanimu ke mana saja saat kamu tidak tahan tinggal di rumah atau ketika kamu sedang lari darinya karena bertengkar, dulu. 
'Cause once it's gone, it's never coming back
Mendengarkan keputusanmu yang berulang dari tiga bulan lalu untuk tidak kembali menjalin hubungan lagi dan hari ini terjadi hal yang berbeda, sepertinya kamu kembali memikirkan perkataanmu saat aku mengulangnya untukmu. 
Saat kamu bertanya padaku apakah aku tidak senang bahwa kamu mencoba move on dan aku tidak menjawabnya dengan cukup jelas sebenarnya aku sedang berpikir. Aku ingat pernah mengatakan padamu, untuk kembali memulai suatu hal saat kamu sudah dikecewakan, maka kamu harus menemukan hal yang dapat mengalihkanmu. Benar, aku ingat pernah mengatakannya padamu dan aku sedikit menyesal. 
It's true
Tidak bisakah hal yang mengalihkan perhatianmu adalah aku? Aku yang mencoba ada untukmu, menemanimu saat kamu butuh seseorang untuk mendengarkan. 
___
Could you love me the same?
Kamu bilang aku sekarang sulit untuk dihubungi. Kamu hanya tertawa saat aku membalas dengan mengatakan bahwa kamulah yang terlalu sibuk berpacaran dengan dia lainnya yang meletakan sarapan di mejamu.
Tebakanku lainnya lebih benar, kamu sedang bosan padanya dan tidak ingin bertengkar karena dia melakukan kesalahan yang sama, lagi. 
Tell me what makes you stay
Aku bingung saat kamu tiba-tiba meninggalkanku setelah aku memberi saran untuk mengakhiri hubungan kalian. Setelahnya, kamu benar-benar tidak menghubungiku seminggu penuh.
Kalau saja kamu mau mendengarkan lebih lanjut perkataanku saat kamu meminta saran karena, aku sungguh tidak ingin kamu jatuh ke lubang yang sama, lagi. 
___
There's a hundred ways to leave a lover
Leave a lover
Akhirnya kamu memutuskan membalas pesan terakhirku yang menanyakan keadaanmu setelah seminggu kamu mengabaikanku. Jadi, tanpa berpikir panjang aku segera menuju rumahmu saat kamu mengucap halo di ujung telepon.
___
Saat aku tiba di tempatmu aku tahu kamu sedang tidak baik-baik saja. Jadi, aku menyamankan diriku dengan menganggap rumahmu adalah rumahku dan mencoba bersikap seperti biasa, berusaha tidak menunjukan kekhawatiranku. Sampai beberapa saat kamu tetap berdiri di ujung ruangan bahkan setelah aku mengambil minumku sendiri dan menikmati acara di layar kaca. 
___
Leave a lover
Kamu bilang, dia melamarmu. Aku sudah dengar bagian itu dan aku mencoba mendoakan yang terbaik untuk kalian saat itu. Namun, aku akhirnya mengalihkan pandanganku dari layar kaca karena kamu menolak lamarannya. Lebih tepatnya, kamu memutuskan membatalkannya. 
Hundred ways to leave a lover
Jadi, aku perlahan mengubah posisiku dan mengecilkan suara dari layar kaca. Aku benar saat berspekulasi dengan pikiranku kenapa kamu memutuskan membatalkannya. 
Leave a lover
Katamu dia selingkuh, aku mencoba menahan diri untuk tidak memarahimu karena itu yang aku ingin jelaskan seminggu yang lalu padamu saat meninggalkanku begitu saja. Aku sudah beberapa kali melihatnya di tempat yang agak tidak biasa dan terlalu mesra dengan seseorang untuk urusan bisnis. 
There's a hundred ways to leave a lover
I won't wait a minute longer
Jika di posisimu, aku juga tidak akan menerima begitu saja perkataan seseorang bahwa pasanganku tidak setia sedekat apapun kita dengan orang tersebut. Namun, aku sepakat bahwa seseorang yang memutuskan berkhianat apalagi dalam sebuah hubungan percintaan tidak perlu diberi kesempatan kedua. 
Hundred ways to leave
But I'm the only one that you need
Jadi, seperti yang sudah dan selalu terjadi aku akan menemanimu menangis sampai tertidur. 
___
It's the final curtain call
Dalam dua bulan tahun ini akan segera berakhir dan aku memutuskan untuk tidak menjadi pengecut. Aku tidak terkejut kalau kamu kaget mendengar pernyataanku saat ini. Aku sadar, ini baru bulan kedua dari berakhirnya hubunganmu yang terakhir. 
But if you're ready I will give my all
Aku tahu, ini memang terlalu cepat walaupun tidak bagiku karena sepuluh tahun sudah berlalu sejak aku menyadari perasaanku padamu. 
For you, for you
Kamu tahu, aku tidak akan memaksamu. Kamu tahu, aku akan tetap datang saat kamu butuh. 
Kamu tahu, aku tidak akan pergi darimu apapun keputusan yang kamu ambil. 
Kamu tahu, karena kita sudah selalu seperti ini selama sepuluh tahun.
___
Let them say it how they want
Kata mereka, kamu seperti keledai mengulang kesalahan yang sama. Mereka hanya tidak tahu bahwa kamu sudah berusaha yang terbaik. 
Kata mereka, kamu terlalu mudah. Mereka hanya tidak tahu bahwa kamu hanya memiliki hati yang lembut sehingga tersentuh oleh hal kecil yang sederhana. 
Kata mereka, kamu tidak cantik. Mereka hanya belum jatuh pada kebaikan hatimu.
Kata mereka, kamu tidak konsisten dengan perkataanmu. Mereka hanya iri tidak memiliki seseorang sepertiku di sisi mereka untuk waktu yang lama. 
If I can love you good, it's no one's fault
___
Could you love me the same?
Besok adalah hari kita bisa bertemu lagi setelah seminggu kita tidak diizinkan bertemu. Aku ingat, pada pertemuan terakhir minggu lalu kamu menanyakan padaku kenapa bertahan sampai sepuluh tahun lamanya. Aku menjawab pertanyaanmu dengan pertanyaan bisakah kamu mencintaiku dengan cara yang sama dan kamu menjawab bisa tanpa ragu. 
Tell me what makes you stay
Aku tersenyum mendengar jawabanmu. Saat aku kembali bertanya kenapa kamu begitu yakin menjawab bisa atas pertanyaanku, kamu menjelaskan. Katamu kamu tidak pernah bosan dengan ceritaku ataupun bercerita padaku. Katamu walaupun kita berada pada kesunyiaan kamu tidak pernah merasa tidak nyaman saat bersamaku. Katamu kamu sadar bahwa aku adalah seseorang yang berada di sampingmu, selalu.
I'm the only one that you need
Jadi, aku kembali bertanya apakah masih perlu aku menjawab pertanyaanmu kenapa aku bisa bertahan selama sepuluh tahun ini. Balasanmu adalah pelukan erat padaku dan gumaman karena ternyata kamu berurai air mata.

-END-

P. S. Inspired by 100 Ways - Jackson Wang
P. S. S. Please do leave a comment. Thank you

Comments

Popular posts from this blog

Backstabber

Not Saying Word