By Stander In My POV

By stander most related to negative thing, right?

Well, I won't write about the bad thing being by stander.
Apasih arti by stander? Ga tau. Hahaha. Becanda.
By stander atau pengamat; penonton; orang yang berdiri di pinggir (google translate. Ofcourse not really valid). Berarti orang itu bukanlah pelaku protagonis maupun antagonis. Istilah latinnya figuran. Pasti udah banyak yang baca kasus bullying dan didalamnya membahas juga by stander atau menjadi saksi mata terjadinya bullying. Yep! By stander have and also got the impact from what they've seen or seeing. Rather good or bad.
Atau pernah baca juga yang seorang anak rankingnya hampir dibawah tapi disukai anak-anak lain karena dia bahagia jadi seseorang yang hanya bertepuk tangan dipinggir jalan? That is another side of by stander. Good or bad? You decided.
Dari pengalaman gue pribadi, by stander ga selalu buruk kok. Menjadi tempat curhat hanya mendengarkan, dicari pas butuh, jadi bahan becandaan orang2 biar ketawa (selama ikhlas dan ga terus menerus. Kalo keterusan mah udah masuk bullying) adalah bentuk lain jadi by stander. See? By stander not always that bad.
Mungkin adakalanya kita cape jadi by stander karena udah sifat manusia bersosialisasi sadar atau tidak. Bullshit orang yang bilang dia bisa ngelakuin semua sendiri karena gimana lo bisa ada di dunia ini tanpa 'sosialisasi' yang terjadi diantara kedua orangtua lo? Bener kan? Bener dong.
Ohiya, balik ke pengalaman pribadi. Gue pernah jadi orang yang selalu menunjukan diri apalagi saat awal2 jaman maba. Beuh. Tanya dah temen-temen gue. Tapi semakin kesini gue semakin pengen menjauh dari spot itu. Kenapa? Karena terkadang lelah menjadi perhatian semua orang. Coz, we can't pleased everyone.
Gue anak pertama, yang mau ga mau harus jadi contoh (walopun gue ga tau adek gue sebenernya nyontoh siapa kelakuannya suka begitu). Harus lebih baik karena gue yang paling dulu dibanggain ortu. Burden yet needed(?). Semakin kesini, gue hanya ingin jadi by stander ke arah positif. Menjadi pendengar, menjadi supporter, menjadi penghibur buat mereka yang bersedih dan banyak lagi hal positif by stander lainnya. Bagaimanapun by stander juga merupakan pemeran dan punya tanggung jawab. They have their own rule. But, your choice to be a good or bad one ðŸ˜‰

Have a nice night (since I dunno when will u sleep)😊

P.s. harusnya bystander
P.s.s. Ini opini

Pamulang, Juni 2018

Another side note: STILL IF YOU HAPPENED TO SEE SOMEONE GETTING BULLIED PLEASE STAND FOR THEM. I'M NOT GLORIFYING BYSTANDER WATCHING BULLYING. NO SPACE FOR BULLYING

Comments

Popular posts from this blog

Backstabber

Not Saying Word